Tips Memilih Jurusan di SMK Agar Diterima

Tips Memilih Jurusan di SMK Agar Diterima | Kali ini saya +Dwi Yulianto sebagai Admin Blog Belajar Tips Trik Komputer akan berbagi artikel mengenai Cara atau Tips Memilih Jurusan di SMK Agar Diterima.Artikel ini muncul untuk menjawab tanda tanya calon siswa baru khususnya di SMK. Saya kupas dalam artikel berjudul Tips Memilih Jurusan di SMK Agar Diterima.

Khusus bagi Calon siswa baru SMK Negeri 1 Magelang setelah baca artikel ini saya sarankan membaca Tips Trik Memilih Jurusan di SMK Negeri 1 Magelang
Tips Memilih Jurusan di SMK Agar Diterima di Sekolah dengan jurusan dan bidang yang sesuai SMK SMA SMP favorite.cara menentukan masuk di kejuruan SMK

Sekolah menengah pada prinsipnya adalah jenjang pendidikan setelah siswa menyelesaikan sekolah dasar yakni SD dan SMP. Namun masih banyak anak-anak di Indonesia, karena terbentur biaya pendidikan yang kian mahal di pendidikan tinggi, mereka menyelesaikan studinya hanya sebatas jenjang sekolah menengah atas. Setelah itu mereka tidak melanjutkan studinya ke universitas hingga akhirnya mereka terjun ke dunia kerja. Jika demikian ada baiknya anda memilih SMK dibandingkan SMA. Mengapa demikian? Hal tersebut karean SMA adalah sekolah menengah yang diformatkan untuk jenjang sekolah yang lebih umum sebelum siswa masuk ke sekolah tinggi atau universitas. Sementata di SMK (vocational school) siswa akan lebih fokus untuk mempersiapkan berbagai jurusan agar mereka siap di dunia kerja. Namun perlu diingat bahwa setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda.

Memilih jurusan pendidikan di SMK bukan urusan yang mudah karena banyak faktor yang harus diperhitungkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tentu bisa berujung pada akibat yang fatal yang berujung pada kegagalan alias drop out.

Berikut ada beberapa hal yang bisa anda simak untuk pemilihan jurusan jika anda akan menempuh studi di SMK.

Sesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat
Setiap orang tentu memiliki cita-cita pekerjaan yang diidamkan. Maka jika anda berkeinginan masuk SMK lihatlah jurusan apa yang dapat mendukung dan membawa anda menuju profesi atau pekerjaan yang anda inginkan. Misalkan jika anda ingin menjadi ahli pertanian, jangan memilih jurusan teknik bangunan atau farmasi. Demikian juga jika anda berminat dalam hal IT dan komputer tentu jangan memilih jurusan teknik mesin, akuntansi, apalagi tata busana. Itu tentu anda salah kamar dan salah langkah. Cita-cita saja sebenarnya tidak cukup anda perlu mempertimbangan minat dan bakat untuk mendukung cita-cita anda berhasil. Jika anda tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan akuntansi, anda bisa mengambil jurusan perhotelan, tata busana, adaministrasi perkantoran atau lainnya yang sejenis.
Jika di Jurusan Teknik Komputer Jaringan yang akan dipelajari seperti yang ada disini

Cari Informasi yang Akurat
Informasi sangat penting untuk menentukan apakah jurusan yang anda idamkan tepat. Carilah informasi sebanyak munkin untuk dijadikan bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Anda bisa menggali informasi dari berbagai sumber seperti guru di sekolah, orang tua, saudara, teman dan tetangga, kakak kelas, internet atau jika perlu konsultan pendidikan.

Yang perlu diingat anda jangan cepat terpengaruh dengan orang lain, khususnya pada orang yang kurang menguasai informasi atau sekedar ikut-ikutan teman. Jika anda masih ragu tidak ada salahnya anda bisa browsing di internet. Carilah situs forum bonafide yang dapat dipercaya, anda bisa menyimak dan ikut diskusi tentang informasi memilih jurusan untuk masa depan anda. Semua informasi itu nantinya bisa dijadikan bahan yang bermanfaat untuk membantu memilih jurusan.

Daya Tampung Jurusan
Menempuh SMK di institusi negeri biasanya akan dihadapkan pada daya tampung. Daya tampung jurusan di suatu sekolah akan menentukan anda bisa tidaknya diterima. Karena adanya kuantitas kelas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang, daya tampung perlu dipikirkan masak-masak. Sekolah favorit dan jurusan favorit biasanya akan diperebutkan banyak orang. Namun, jangan sampai faktor tersebut membebani diri anda dengan target untuk bersekolah di tempat tertentu dengan jurusan favorit tertentu tanpa mempertimbangkan faktor kemampuan dan nilai perolehan yang terdapat pada ijazah. Karena banyak sekolah mempertimbangkan nilai ijazah sebagai petimbangan seleksi masuk suatau sekolah.

Masa Depan Karir dan Pekerjaan
Memilih jurusan sekoah sebaiknya tetap melihat peluang kerja setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Namun perlu diketahui juga rekrutmen pekerjaan di suatu perusahaan juga melihat beberapa faktor seperti dalam latar belakang pendidikan, pengalaman dan kompetensi. Untuk itu anda bisa memilih sekolah yang memilki jejak rekam yang baik dalam membekali siswanya baik itu pendidikan, program magang kerja (pengalaman), dan kompetensi yang didapatkan dari praktek-praktek di laboratoriu.

Lokasi dan Biaya
Tidak ada makan siang gratis. Begitupun juga pendidikan senantiasa membutuhkan biaya. Bagi orang yang memilki ekonomi berkecukupan, biaya pendidikan tidaklah menjadi masalah serius. Bagi masyarakat banyak memilih lokasi sekolah dan mempertimbankan biaya pendidikan di suatu sekolah harus dipertimbankan masak-masak. Jika sekolah yang anda masuki memiliki jarak yang relatif jauh di luar kota tentu akan berimplikasi pada biaya yang tidak sedikti karena anda harus mengeluarkan banyak biaya. Biaya pendidikan di luar kota bisa meliputi tidak hanya biaya studi dan praktek, namun juga biaya kost, biaya hidup, biaya transportasi dan lain-lain. Namun anda masih punya celah untuk mengatasinya, anda bisa mengusulkan beasiswa di sekolah. Tentu anda harus memiliki kriteria tertentu seperti nilai akademik yang baik, tidak bermasalah di sekolah, atau memilki surat keterangan tidak mampu untuk mengusulkan sebuah keringanan biaya. Hal lain yang bisa ditempuh adalah anda bisa mencati kerja paruh waktu (freelance) untuk mencukupi kebutuhan dana anda.

Tips Penting Lainnya :


Cari tahu bakat, hobi dan apa yang paling disukai oleh diri sendiri kemudian menentukan jurusan yang dapat mewakili kemampuan terbaik dalam diri.

Baca kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan sekolah dan jurusan mana yang sekiranya masih dapat bersaing dengan peserta lain sehingga ada peluang untuk diterima disekolah impian.
Lihat dan pelajari jurusan apa yang paling banyak atau paling sedikit peminatnya, karena disitu akan sangat mempengaruhi peluang lolos seleksi.

Pada situasi tertentu ada orang tua yang menginginkan anaknya menjadi apa yang diimpikanya sehingga diminta untuk menuruti dalam memilih jurusan sesuai dengan keinginan, sebagai anak apabila keinginan orang tua tersebut sesuai dengan minat mungkin tidak jadi masalah, namun ketika keinginan tersebut bertentangan maka perlu dicari solusi terbaik misalnya dengan meminta tolong kepada saudara terpercaya untuk memberikan penjelasan kepada orang tua. Carilah kompromi terbaik dan jangan membuat hubungan kita dengan orang tua menjadi renggang.

Ikut-ikutan teman dalam memilih jurusan sekolah bisa jadi baik, namun apabila hal itu tidak sejalan dengan hati nurani maka dikhawatirkan ada beban yang lebih berat dalam menjalani masa sekolah SMK nantinya.
Belajar dan banyak mencari referensi tentang jurusan SMK yang akan kita ambil agar tidak kecewa dikemudian hari. Paling tidak kita mengetahui pelajaran apa saja yang diajarkan serta peluang kerja di masa depan bila lulus.

Banyak bertanya dan berdiskusi dengan orang yang lebih tua dan punya pengalaman di dunia kerja untuk mencari informasi prospek kerja yang paling menjanjikan. Namun tetap harus disesuaikan dengan kemampuan, potensi, minat dan bakat kita sendiri.

Bagi yang beragama Islam, dianjurkan shalat istikharah dan banyak berdoa agar mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, Tuhan yang maha tahu apa yang terbaik bagi kita. Bisa jadi Tuhan tidak memberi apa yang kita inginkan tapi memberikan apa yang kita butuhkan.

Inilah Daftar Jurusan yang Ada di SMK :

Lihat Daftar Jurusan di SMK
A. Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa
1. Program Studi Keahlian Teknik Bangunan

a. Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Baja
b. Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu
c. Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton
d. Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan
e. Kompetensi Keahlian Teknik Furnitur

2. Program Studi Keahlian Teknik Plumbing dan Sanitasi
a. Kompetensi Keahlian Plumbing dan sanitasi

3. Program Studi Keahlian Teknik Survei dan Pemetaan
a. Kompetensi Keahlian Teknik Survei dan Pemetaan

4. Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan
a. Kompetensi Keahlian Teknik Tenaga Listrik
b. Kompetensi Keahlian Teknik Distribusi Tenaga Listrik
c. Kompetensi Keahlian Teknik Transmisi Tenaga Listrik
d. Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
e. Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri

5. Program Studi Keahlian Teknik Pendinginan dan Tata Udara
a. Kompetensi Keahlian Teknik Pendinginan dan tata Udara

6. Program Studi Keahlian Teknik Mesin
a. Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan
b. Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan
c. Kompetensi Keahlian Teknik Fabrikasi Logam
d. Kompetensi Keahlian Teknik Pengecoran Logam
e. Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Mesin
f. Kompetensi Keahlian Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri

7. Program Studi Keahlian Teknik Otomotif
a. Kompetensi Keahlian Teknik Kedaraan Ringan
b. Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
c. Kompetensi Keahlian Teknik Perbaikan Bodi Otomotif
d. Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat
e. Kompetensi Keahlian Teknik Ototronik

8. Program Studi Keahlian Teknologi Pesawat Udara
a. Kompetensi Keahlian Air Frame dan Power Plant
b. Kompetensi Keahlian Pemesinan Pesawat Udara
c. Kompetensi Keahlian Konstruksi Badan Pesawat Udara
d. Kompetensi Keahlian Konstruksi Rangka Pesawat Udara
e. Kompetensi Keahlian Kelistrikan Pesawat Udara
f. Kompetensi Keahlian Elektronika Pesawat Udara
g. Kompetensi Keahlian Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Avionic Elektronic Instrumentation Maintenance an Repair)

9. Program Studi Keahlian Teknik Perkapalan
a. Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kapal Baja
b. Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kapal Kayu
c. Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Fiberglass
d. Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Pemesinan Kapal
e. Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan Kapal
f. Kompetensi Keahlian Kelistrikan Kapal
g. Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Rancang Bangun Kapal
h. Kompetensi Keahlian Interior Kapal

10. Program Studi Keahlian Teknologi Tektil
a. Kompetensi Keahlian Teknik Pemintalan Serat Buatan
b. Kompetensi Keahlian Teknik Pembuatan Benang
c. Kompetensi Keahlian Teknik Pembuatan Kain
d. Kompetensi Keahlian Teknik Penyempurnaan Tektil
e. Kompetensi Keahlian Garmen

11. Bidang Studi Keahlian Teknik Grafika
a. Kompetensi Keahlian Persiapan Grafika
b. Kompetensi Keahlian Produksi Grafika

12. Bidang Studi Keahlian Geologi Pertambangan
a. Kompetensi Keahlian Geologi Pertambangan

13. Bidang Studi Keahlian Instrumentasi Industri
a. Kompetensi Keahlian Teknik Instrumentasi Gelas
b. Kompetensi Keahlian Teknik Instrumentasi Logam
c. Kompetensi Keahlian Teknik Akses
d. Kompetensi Keahlian Kontrol Mekanik

14. Program Studi Keahlian Teknik Kimia
a. Kompetensi Keahlian Kimia Analisis
b. Kompetensi Keahlian Kimia Industri

15. Program Studi Keahlian Pelayaran
a. Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan
b. Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan
c. Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Niaga
d. Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Niaga

16. Bidang Studi Keahlian Teknik Industri
a. Kompetensi Keahlian Teknik dan Manajemen produksi
b. Kompetensi Keahlian Teknik dan Manajemen Pergudangan
c. Kompetensi Keahlian Teknik dan Manajemen Transportasi

17. Bidang Studi Keahlian Teknik Perminyakan
a. Kompetensi Keahlian Teknik Produksi Perminyakan
b. Kompetensi Keahlian Teknik Pengeboran Minyak
c. Kompetensi Keahlian Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petro Kimia

18. Bidang Studi Keahlian Teknik Elektronika
a. Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video
b. Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri
c. Kompetensi Keahlian Teknik Mekatronika

B. Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Program Studi Keahlian Teknik Telekomunikasi
a. Kompetensi Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi
b. Kompetensi Keahlian Teknik Suitsing
c. Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Akses

2. Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika
a. Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
b. Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
c. Kompetensi Keahlian Multimedia
d. Kompetensi Keahlian Animasi

3. Program Studi Keahlian Teknik Broadcasting
a. Kompetensi Keahlian Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian
b. Kompetensi Keahlian Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio

C. Bidang Studi Keahlian Kesehatan

1. Program Studi Keahlian Kesehatan
a. Kompetensi Keahlian Keperawatan
b. Kompetensi Keahlian Keperawatan Gigi
c. Kompetensi Keahlian Analis Keperawatan
d. Kompetensi Keahlian Farmasi
e. Kompetensi Keahlian Farmasi Industri

2. Program Studi Keahlian Perawatan Sosial
a. Kompetensi Keahlian Perawatan Sosial

D. Bidang Studi Keahlian Seni, Kerajinan dan Pariwisata

1. Program Studi Keahlian Seni Rupa
a. Kompetensi Keahlian Seni Lukis
b. Kompetensi Keahlian Seni Patung
c. Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual
d. Kompetensi Keahlian Produk Interior dan Lanscaping

2. Program Studi Keahlian Desain dan Produksi Kria
a. Kompetensi Keahlian Desain dan Produksi Kria Tekstil
b. Kompetensi Keahlian Desain dan Produksi Kria Kulit
c. Kompetensi Keahlian Desain dan Produksi Kria Keramik
d. Kompetensi Keahlian Desain dan Produksi Kria Logam
e. Kompetensi Keahlian Desain dan Produksi Kria Kayu

3. Program Studi Keahlian Seni Pertunjukan
a. Kompetensi Keahlian Seni Musik Klasik
b. Kompetensi Keahlian Seni Tari
c. Kompetensi Keahlian Seni Karawitan
d. Kompetensi Keahlian Seni Pedalangan
e. Kompetensi Keahlian Seni Teater

4. Program Studi Keahlian Pariwisata
a. Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata
b. Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan

5. Program Studi Keahlian Tata Boga
a. Kompetensi Keahlian Jasa Boga
b. Kompetensi Keahlian Patiseri

6. Program Studi Keahlian Tata Kecantikan
a. Kompetensi Keahlian Kecantikan Kulit
b. Kompetensi Keahlian Kecantikan Rambut

7. Program Studi Keahlian Tata Busana
a. Kompetensi Keahlian Busana Butik

E. Bidang Studi Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi

1. Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman
a. Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman pangan dan Holtikultura
b. Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan
c. Kompetensi Keahlian Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman

2. Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Ternak
a. Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia
b. Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas
c. Kompetensi Keahlian Agribisnis Aneka Ternak
d. Kompetensi Keahlian Perawatan Kesehatan Ternak

3. Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Sumberdaya Perairan
a. Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan
b. Kompetensi Keahlian Agribisnis Rumput Laut

4. Program Studi Keahlian Mekanisasi Pertanian
a. Kompetensi Keahlian Mekanisasi Pertanian

5. Program Studi Keahlian Agribisnis Hasil Pertanian
a. Kompetensi Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
b. Kompetensi Keahlian Pengawasan Mutu

6. Program Studi Keahlian Penyuluhan Pertanian
a. Kompetensi Keahlian Penyuluhan Pertanian

7. Program Studi Keahlian Kehutanan
a. Kompetensi Keahlian Kehutanan (4 tahun)

F. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen

1. Program Studi Keahlian Administrasi Perkantoran
a. Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran

2. Program Studi Keahlian Keuangan
a. Kompetensi Keahlian Akuntansi
b. Kompetensi Keahlian Perbankan

3. Program Studi Keahlian Tata Niaga
a. Kompetensi Keahlian Pemasaran

Demikian artikel mengenai Tips Memilih Jurusan di SMK Agar Diterima.Semoga bermanfaat

2 comments for "Tips Memilih Jurusan di SMK Agar Diterima"

  1. ijin nyimak ya gan :)

    salam kenal dari kami outbond di malang :)
    jangan lupa kunjungi kami di website kami : http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete

Post a comment

Silahkan Berkomentar jika ada pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas..

NO SPAM,SARA.PORNO,DAN KOMENTAR KASAR SEJENISNYA TIDAK AKAN DITAMPILKAN !!